Bekisting Kolom

Bekisting Kolom


Secara umum, bagian-bagian dari bekisting kolom adalah sebagai berikut :
·         Sepatu Kolom (Kicker)
Pembuatan sepatu kolom disesuaikan dengan rencana bentuk tampang kolom. Material yang digunakan biasanya kayu dan sebagai penyambung sambung dapat digunakan paku atau baut atau keduanya sehingga dihasilkan bentuk yang benar-benar kalu.
Kicker dipasang pada dasar kolom atau lantai dengan cara dipaku. Selain material kayu dapat pula menggunakan cor beton setinggi + 5 cm atau menggunakan besi siku atau aluminium.
Tujuan utama pemasangan kicker ini adalah untuk menempatkan Cetakan/Bekisting kolom pada posisi yang tepat.
·         Panel Bekisting (Shutter)
Berbagai macam material dapat digunakan sebagai Panel Bekisting. Tetapi yang sering digunakan adalah plywood karena pertimbangan antara lain aspek ekonomis, karena penggunaannya dapat berulang kali (empat atau lima kali) dan permukaan beton yang dihasilkan relatif lebih halus.
·         Penguat Tegak, Penguat Datar, Klem Pengatur (Sabuk / Waller)
Pembuatan panel-panel untuk sisi-sisi bekisting kolom diperkuat dengan balok kayu dengan arah tegak dan diperkuat secara horizontal dengan penguat horizontal yang berupa klem yang sesuai dengan perencanaannya.
Bagian yang perlu diperhatikan adalah bagaimana pertemuan antarpanel yang membentuk sudut dapat bertemu dengan baik. Balok penguat tegak secara konvensional menggunakan balok kayu dengan ukuran dan jarak sesuai perencanaan.
Saat ini balok penguat tegak banyak digunakan oleh perusahaan/pabrik bekisting yang mempunyai hak paten (misalnya PERI dan DOKA).
Keuntungan penggunaan balok pabrikan adalah: relatif lebih ringan, lebih lurus, dimensi seragam, lebih kuat dan awet, dapat dipakai berulang-ulang. Balok penguat horizontal (klem) secara konvensional menggunakan balok kayu yang dipres dan dikunci/dimatikan dengan paku.
Balok horizontal ini mengikat erat bekisting sekeliling kolom, dan akan berfungsi pada saat pengecoran, di mana berat agregat basah akan menekan panel plywood diteruskan pada penguat tegak dan pada akhirnya akan ditahan oleh balok horizontal ini. Material lain yang mungkin digunakan adalah klem baja



·         Lubang untuk membersihkan kotoran di dalam kolom (cleanout)
Dalam upaya membersihkan dari segala kotoran yang dapat memberikan efek kurang baik pada beton, pada salah satu panel sebaiknya disiapkan lubang pada dasar panel.
Lubang itu memungkinkan untuk membersihkan bagian dasar kolom sebelum pengecoran dilakukan. Lubang ini dinamakan cleanout hole. Dimensi cleanout hole ini disesuaikan dengan kebutuhan.



·         Penyangga (Bracing)
Bekisting kolom harus ditopang pada berbagai arah untuk menghindari terjadinya perubahan posisi terutama pada saat pengecoran. Material yang dapat digunakan adalah balok kayu, pipa besi, dan pipa-pipa scaffolding.

Contoh pemasangan bekisting kolom 800 x 800


Pada setiap rangkaian pelaksanaan pekerjaan tersebut membutuhkan pengecekan bersama entah itu dengan konsultan perencana, kontraktor, konsultan pengawas maupun pemilik gedung secara langsung. hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi dalam perencanaan maupun pelaksanaan




























Quick Sale

Online Booking