Pemilihan Mesin Las Listrik

Pemilihan Mesin Las Listrik

Mesin las ada banyak jenisnya, ada yang model inverter atau portable dan ada juga yang berukuran besar. Pastikan dahulu kesesuaian dengan kebutuhan. Bila berkeinginan mengelas plat-plat tipis saja, tidak perlu menggunakan mesin las yang memiliki ampere yang besar. Sehingga, cukup memilih untuk menggunakan tipe yang mempunyai ampere kecil.


Merk Mesin Las:
- Lakoni.
- Lakoni Inverter.
- Multipro.
- Redbo.
- ESAB.
- Krisbow.
- Rhino.
- TOMECO.
- EWM.


Jenis Jenis Mesin Las Listrik:
- Mesin Las Ganda (AC DC) merupakan tipe yang umum diterapkan pada arus paralel (DC) dan arus bolak-balik (DC). Mesin las ini memiliki transformator 1 frasa dan 1 buah alat perata pada 1 unit mesin.
- Mesin Las Arus Bolak-Balik (AC) merupakan tipe yang hanya bisa digunakan pada arus AC seperti listrik PLN dan generator AC
- Mesin Las Arus Paralel (DC) merupakan tipe yang hanya bisa digunakan pada arus DC atau arus paralel


Hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan mesin las listrik yaitu berapa banyak jumlah konsumsi dayanya. Jangan sampai menggunakan mesin las yang dayanya tidak sesuai dengan sumber listrik. Jika sumber daya listrik yang digunakan yaitu genset, sebaiknya menggunakan mesin las trafo dikarenakan lebih awet dan lebih tahan pada fluktuasi tegangan atau frekuensi yang berjalan pada genset.


Bila menggunakan sumberdaya listrik dari PLN, baiknya menggunakan jenis inverter sebab lebih hemat daya listriknya. Mesin las listrik terbaik merupakan mesin las yang mempunyai Duty Cycle sampai dengan 100%, akan tetapi mesin yang seperti ini cukup susah ditemukan dipasaran. Sekalinya adapun, harganya pasti cukup mahal. Biasanya mesin las yang sering ditemui dipasaran umum yang memiliki Duty Cycle kisaran 30%-60% saja.


Tips Pengunaan Mesin Las Listrik:
Budget
Budget atau jumlah dana yang disiapkan, minimal bila ingin membeli yang termurah yaitu siapkan dana sekitar satu juta keatas, dibawah itu dijamin tidak ada, selain mesin trafo las listrik bekas dengan resiko tanpa garansi produk


Durasi Pemakaian
Saat akan menggunakan mesin trafo las listrik ini untuk jangka lama, misal 8 jam non stop atau hanya sekedar untuk pemasangan saja. Mesin las 900 watt sering digunakan dalam jangka waktu yang singkat. Diketahui mesin ini dalam pemasangan saja yang umumnya memakan waktu kisaran 2-4 jam. Untuk pemilihan mesin yang digunakan sehari-hari full lebih baik dianjurkan memilih jenis dengan daya 1500 watt keatas. Mesin dengan daya 1500 watt keatas jelas lebih tahan untuk digunakan berjam-jam.


Fitur bisa Genset
Kendala bagi para pelaku jasa Las Listrik yakni bila di daerah yang akan dipasang tidak ada listrik, atau listrik yang ada di daerah tujuan tidak mencukupi (misal perumahan yang hanya 450 watt). Solusinya adalah gunakan Generator Set. Namun yang perlu diketahui yaitu tidak semua jenis mesin las listrik 900 watt menunjang penggunaan genset ini, mengingat voltase pada genset akan berubah naik turun dalam penggunaan pengelasan.
Hal ini jelas akan mempengaruhi komponen-komponen elektronik yang ada di dalam mesin trafo las listrik ini.
Untuk mesin trafo inverter 1500 watt keatas biasanya telah menunjang pemakaian dengan Genset.


LAS
untukDefinisi Pengelasan
untukPengelasan SMAW
untukJenis Pengelasan
untukProses Pengelasan
untukMacam - Macam Elektroda/Kawat Las (Welding Electrode)
untukMacam - Macam Cacat Las
untukKualifikasi Welder
untukTungsten Inert Gas (TIG) Welding / GTAW Argon (Gas Tungsten Arc Welding)

















































Quick Sale

Online Booking