5 Aplikasi Populer Teknik Sipil

5 Aplikasi Populer Teknik Sipil

Program atau software adalah suatu aplikasi yang di buat untuk mempermudah kita dalam mengerjakan suatu pekerjaan, misalnya program yang sering kita pakai adalah dari microsoft office seperti word, excel, powerpoint, dll.

Sebagai seorang teknik sipil, kita juga tidak terlepas dari penggunaan software – software yang sangat membantu kita dalam bidang pekerjaan teknik sipil ini. Adapun software - software yang kita gunakan mempunyai fungsi yang berbeda – beda, ada software yang dapat kita gunakan untuk menggambar, ada juga untuk analisis struktur, dan ada juga yang dapat di gunakan untuk manajemen. Nah…….. berikut saya mau berbagi tentang pengenalan 5 (lima) software yang populer di bidang teknik sipil, dan sangat berguna pada dunia pekerjaan teknik sipil di Indonesia.

1. AUTOCAD

sumber : Google.com

AUTOCAD adalah software yang sangat umum di gunakan untuk menggambar atau mendesain struktur. software ini akan membantu kita untuk menggambar dalam 2D ataupun 3D, dan aplikasi ini sangat populer untuk digunakan dalam menggambar segala jenis konstruksi jadi biasanya segala jurusan teknik sipil gunakan aplikasi ini untuk menggambar.

2.  SAP 2000

sumber : Google.com

Kalau software SAP 2000 ini digunakan untuk menganalisa kelayakan suatu konstruksi khususnya adalah gedung - gedung bertingkat. Dalam penggunaanya, aplikasi ini hampir mirip dengan aplikasi temanya yaitu Etabs. Aplikasi ini bertujuan untuk mencari gaya dan momen yang terjadi pada struktur yang di rencanakan. Jadi yang biasanya menggunakan aplikasi ini adalah mereka yang konsentrasi di bidang struktur.

3. HEC-RAS

Sumber : Google.com

Bagi yang konsentrasi di bidang Bangunan AIR, pasti tidak asing lagi sama aplikasi yang satu ini, HEC RAS (Hydrologic Engineering Center's River Analysis System). HEC-RAS merupakan aplikasi untuk memodelkan aliran di sungai dan digunakan untuk analisis bangunan air seperti bendungan dan waduk. Aplikasi ini di buat oleh U.S Army Corps of Enginners (USACE).

4. PLAXIS

sumber : Google.com
Orang sipil kerja di perusahaan tambang ? bukannya itu bidangnya geoteknik ya ?? Orang teknik sipil itu segala cuaca, nyatanya bisa ilmu geoteknik juga nih, sampai belajar aplikasinya juga, hehehe.... Nah, kamu harus bisa nih aplikasi yang satu ini kalau mau kerja di bidang geoteknik. Plaxis adalah aplikasi yang di peruntukan untuk kalian yang tertarik ilmu geoteknik. Dengan aplikasi ini kamu bisa mendapatkan informasi perihal stabilitas lereng lokasi proyek untuk mencegah longsor dan berbagai runtuhan yang tidak diinginkan.

5. MICROSOFT PROJECT

Buat yang tertarik di bidang Manajemen, ini adalah aplikasi yang harus kalian kuasai, Microsoft Project. kalau udah bisa Microsoft Excel di tambah lagi bisa gunain ini aplikasi, wah di jamin, gak bakalan sulit nyari kerja di bidang teknik sipil sob !!

Quick Sale

Online Booking