Butterfly Valve

Butterfly Valve

Butterfly Valve merupakan salah satu jenis valve yang serba guna, karena dapat di aplikasikan pada sistem pemipaan dimanapun, di industri, pembangunan kapal, platform, di perumahan dan lain-lain. Selain itu Butterfly Valve bisa di pasang pada instalasi berbagai media yang melaluinya misalnya oleh cairan, gas, lumpur dengan berbagai tingkat tekanan dan suhu.

Pada awalnya butterfly valve banyak di gunakan pada instalasi pada tekanan rendah, namun dengan berkembangnya teknologi khususnya pada bidang ilmu elastomer, kini valve jenis ini bisa di aplikasi-kan pada instalasi dengan tekanan tinggi.

Butterfly Valve sangat cocok untuk penanganan arus besar cairan atau gas pada tekanan yang relatif rendah dan untuk penanganan slurries atau cairan padatan tersuspensi dengan jumlah besar.

Untuk membuka dan menutup penuh, valve jenis ini hanya membutuhkan putaran 90deg atau seperempat putaran tuas, sehingga memungkinkan valve jenis ini dapat dioperasikan dengan cepat. Namun valve ini tidak mampu di setting untuk ukuran aliran tertentu. Valve ini biasa disebut sebagai Quarter Turn Valve. Dengan bahan penutup saluran sebuah disc presisi valve ini digerakkan dengan poros aktuator yang terhubung dengan handel di sisi luar valve.

Dari aktuator yang menggerakkan atau memutar disk tersebut bisa diaplikasikan dengan sebuah tuas manual, hidrolik maupun motor listrik. Tentunya dengan tambahan beberapa peralatan bantu seperti kontrol valve untuk hidrolik dan gearbox yang mengurangi putaran motor untuk jenis aktuator motor listrik.

Pada keadaan terbuka atau disk penutup pada posisi 0deg, timbul aliran aerodinamis yang diakibatkan oleh disk tersebut. Meskipun kehilangan head sedikit lebih tinggi dari jenis valve Ball Valve maupun  Gate Valve, yang notabene Ball Valve dan Gate Valve benar benar bekerja bebas hambatan pada saat valve terbuka penuh, namun kerugian itu lebih rendah dibandingkan dengan jenis Globe Valve.

Berbagai jenis Butterfly valve dapat digunakan untuk berbagai media aliran, cairan dan gas maupun material yang agak padat seperti lumpur, bulb dll.

Tekanan dan suhu material yang melalui valve ini jelas mempengaruhi material bahan pembuatan-nya, sehingga menjadi pertimbangan penting dalam perancangan.

source:

https://www.cnzahid.com/2017/02/butterfly-valve-tipe-jenis-beserta.html

https://eryhartoyo.wordpress.com/2012/08/14/jenis-jenis-valve/

Quick Sale

Online Booking