Metode Dewatering Cut Off

Metode Dewatering Cut Off

Lanjutan dari Dewatering

Metode ini dijalankan dengan memotong aliran air tanah dengan dinding pembatas supaya area proyek bisa terbebas dari air tanah. Metode cut off cocok dipakai jika area proyek bersebelahan dengan gedung yang sensitif terhadap penurunan air tanah, tidak ada saluran pembuangan, dan karakteristik tanah berupa cadas lunak yang banyak celah, tanah lepas, serta tanah berbutir seragam.

Bila dilihat dari pergerakan air tanah, metode cut off ini terbilang merupakan metode dewatering yang terbaik. Sebab metode ini tidak menimbulkan penurunan muka air tanah di sekitar luar area galian dan juga tak terjadi aliran air tanah. Tetapi memang metode cut off membutuhkan biaya yang cukup tinggi karena melibatkan penggunaan alat-alat berat untuk pengerjaan dinding cut off.

Selain biaya yang tinggi, penggunaan alat berat seringkali menimbulkan ketidaknyamanan bagi warga yang berada di sekitar area proyek dan mengganggu keamanan bangunan yang berada dekat area proyek. Area proyek yang jauh dari pemukiman lebih cocok menggunakan metode cut off ini.

Metode Cut Off, digunakan bila:

1. Sama dengan persyaratan pada Metode dewatering predrainage, kecuali item terakhir (karena pada metode dewatering Cut Off ini tidak ada penurunan muka air tanah di sekitarnya).

2. Dinding Cut Off diperlukan juga untuk struktur penahan tanah.

3. Gedung sebelah yang ada, sensitif terhadap penurunan muka air tanah.

4. Tidak tersedia saluran pembuang (saluran drain).

5. Diperlukan untuk menunjang metode Top Down pada pekerjaan basement.

Tampak Samping Metode Cut Off

Tampak Denah Metode Cut Off

Pada metode dewatering cut off ini aliran air tanah dipotong dengan beberapa cara, yaitu dengan menggunakan:

1. Steel Sheet Pile

2. Concrete diaphragm wall

3. Secant piles

4. Slurry Trenches (tidak dapat berfungsi sebagai penahan tanah)

Pelaksanaan Metode Cut Off

Prinsip metode dewatering Cut Off ini adalah memotong aliran air dengan suatu dinding pembatas, sehingga daerah yang dikehendaki dapat terbebas dari air tanah. Ditinjau dari pergerakan air tanah, Metode dewatering cut off ini paling baik, karena tidak terjadi aliran air tanah, dan tidak terjadi penurunan muka air tanah di sekeliling luar daerah galian.

Quick Sale

Online Booking