Perhitungan Biaya Pembuatan Rumah Minimalis

Perhitungan Biaya Pembuatan Rumah Minimalis

Sumber : Google.com
Rumah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang, tidak mungkin kita mau terus ngontrak atau ngekost seumur hidup kan? Berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk membayar kost/kontrakan tiap bulan atau tiap tahun? jika dihitung - hitung bisa saja biaya yang kita keluarkan untuk membayar kost/kontrakan sudah bisa kita buatkan rumah pribadi. Ya, tapi apa daya, karena keterbatasan ekonomi, kita harus tinggal di kost/kontrakan dulu sambil menabung untuk membeli atau membuat rumah pribadi idaman kita sendiri.

Membeli dan membangun rumah sendiri di jaman sekarang ini bukanlah sesuatu yang mudah, karena harga tanah dan bahkan harga - harga meterial setiap tahunnya mengalami kenaikan. oleh sebab itu harga rumahpun semakin mahal, baik rumah yang disediakan developer maupun rumah yang kita buat sendiri. Maka sekarang ini muncullah ide - ide baru dalam desain bangunan yang keren, indah, namun tetap ekonomis, yaitu konsep desain Rumah Minimalis. Apa yang dimaksud dengan Rumah Minimalis ?

Sumber : Google.com

Pengertian Rumah Minimalis

Dalam desain arsitektur rumah minimalis modern, desain digunakan untuk menyampaikan pesan kesederhanaan. Bentuk-bentuk dasar geometris, tidak adanya hiasan, penggunaan bahan-bahan yang sederhana dan pengulangan struktur merupakan ciri khas minimalis. Pencahayaan yang alami membuat bangunan terlihat sederhana dan bersih. Arsitek minimalis mempunyai motto “listen to figure”, dengan mencari esensi kesederhanaan dengan menemukan kembali kualitas berharga dalam bahan yang sederhana dan umum.

Jadi konsep desain rumah minimalis adalah desain rumah yang terlihat sederhana dan ekonomis. Lantas berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk membuat rumah minimalis? Nah...... jadi kita perlu membagi dulu kedalam bagian - bagian yang lebih kecil yaitu aspek - aspek apa saja yang terlibat didalam pembuatan rumah minimalis ini, yaitu :

Sumber : Google.com

1) Biaya Tenaga Kerja

2) Biaya atau Harga Tanah

3) Biaya lain - lain

1) Biaya Tenaga Kerja

Didalam pekerjaan membangun rumah minimalis dibutuhkan tenaga kerja. Umumnya tenaga kerja diberikan upah dengan sistem kerja Harian dan Borongan.

Sistem kerja harian yaitu tenaga kerja akan dihitung pembayarannya setiap hari yaitu 8 jam kerja dalam sehari, dan harga tenaga kerja bisa berbeda - beda tergantung jabatan/keahlian/daerah dimana pekerjaan tersebut berlangsung.

Kemudian sistem kerja Borongan. Kerja Borongan dibagi menjadi dua, yaitu borongan tenaga kerja dan borongan penuh yaitu tenaga kerja dan material.

2) Biaya Harga Tanah

Biaya harga tanah bergantung daerah dan lokasinya masing - masing karena setiap daerah tentu punya harga tanah yang berbeda - beda setiap meter perseginya.

3) Biaya lain - lain

Biaya yang bisa termasuk dalam bagian ini adalah biaya perencanaan apabila kita menggunakan jasa perencana untuk membuatkan desain rumah minimalis sesuai keinginan kita. Kemudian biaya - biaya tambahan lain adalah apabila saat masa pembangunan, kita ingin menambahkan sesuatu yang baru yang tidak ada dalam kesepakatan awal pekerjaan dimulai, misalnya pada rencana gambar desain yang kita buat tidak terdapat pagar, tetapi ketika masa pembangunan, kita ingin menambahkan pagar, maka tentu saja kita harus menambahkan anggaran kita yaitu kurang lebih 10% dari total anggaran pembangunan.

Nah sekarang mari kita lihat satu contoh, bagaimana caranya kita menghitung anggaran atau dana yang dibutuhkan untuk membuat satu rumah minimalis. Kita akan membuat satu rumah dengan ukuran 36 m2.

Quick Sale

Online Booking