Plant Propagatin (Perbanyakan Tanaman)

Plant Propagatin (Perbanyakan Tanaman)

Perbanyakan tanaman biasa juga di sebut dengan pembibitan tanaman, berupa membenihkan, mencangkok, setek dan bisa pula dengan kultur jaringan tanaman, intinya adalah bagaiman memenuhi kebutuhan tanaman atau untuk mempernayak koleksi tanaman kita. Pembenihan tanaman yang berasal dari induknya baik itu dari biji (membenihkan), tangkai (setek dan cangkok) atau bagian tanaman yang bisa dikembangkan (Kultur jaringan) sehingga menjadi banyak dan memenuhi kebutuhan.

Untuk mempertahankan bentuk asli dan keturunannya, alangkah bagusnya mengembangkan tanaman dari biji, setek atau mencangkok. Namun kalu ingin mengembangkan tanaman yang lebih variatif maka kita bisa mengembangkannya lewat kultur jaringan. Karena dengan kultur jaringan kita dapat memilah-milah bagaian tanaman yang memiliki keunggulan, atau ingin merubah penampilan sebuah tanaman.

Untuk mengembangkan tanaman ada banyak syarat yang perlu terpunuhi sehingga maksimal, seperti yang kita inginkan, tumbuh cepat subur dan menghasilkan. Untuk tanaman buah sendiri kita perlu berhati-hati dalam budidayanya, karena dalam istilah pertanian di kenal istilah mandul atau tanaman jantan. Tanaman ini walupun bertahun-tahun tidak akan pernah menghasilkan, tanaman ini hanya akan tumbuh seperti tanaman biasa. Sekedar saran bagi pembudidaya pemula agar memperhatikan dan diharuskan memperoleh benih yang telah mendapatkan sertifikasi, karena itu akan menjamin 99% kualitasnya. Sekaligus disarankan untuk mencangkok atau menyambung tanaman agar lebih menjamin dan mempercepat pembuahan.

Tehnisnnya seperti ini:

Syarat tumbuh Tanaman.

Cahaya matahari

– Pertumbuhan tanaman akan sangat dipengaruhi oeleh cahaya matahari, tanaman tidak beleh melebihi dan tidak bisa terlalu sedikit terken sinar matahari, karena akan sangat berpengaruh dalam proses pertumbuhannya. Tanaman yang terlalu sedikit terkena matahari akan mengakibatkan tanaman menjadi etiolasi atau penmanjangan batang dan rapuh, sedangkan tanaman yang terlalu banyak terkena matahari akan terhambat pertumbuhannya dan bahkan mati untuk tanamn tertentu.

Air

– Sama halnya dengan manusia, tanaman sangat tergantung dengan ketersediaan air. Ketika air di bawah 5% maka tanaman tidak akan mampu bertahan, begitu pula denga kelebihan air akan mengakibatkan tanaman menderita.

Nutrisi

– Cahaya dan air tidak cukup untuk tumbuh, tanaman membutuhkan nutrisi nakanan untuk menunjang proses metabolisme dalam tubuh tumbuhan.

Media tanam

– Tanaman tidak akan tumbuh apabila tidak memiliki media tanam, prose penentu dalam keberhasilan pertumbuhan tanaman adalah media tanam tempat tanaman tumbuh.

Llingkungan

– Tanaman dengan lingkungan yang susai maka akan memberikan kita hasil yang maksimal pula, lingkungan yang di maksud seperti iklim, suhu, elembapan dll.

About fadil

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

Quick Sale

Online Booking