Standar Teknik - Part 8 (DIN)

Standar Teknik - Part 8 (DIN)

DIN

Deutsches Institut für Normung e.V. (DIN; dalam bahasa Inggris, German Institute for Standardization) adalah organisasi nasional Jerman untuk standardisasi dan merupakan badan anggota ISO Jerman. DIN adalah Asosiasi Terdaftar Jerman (mis.) Yang berkantor pusat di Berlin. Saat ini ada sekitar tiga puluh ribu Standar DIN, yang mencakup hampir setiap bidang teknologi.

Sejarah

Didirikan pada tahun 1917 sebagai Normenausschuß der deutschen Industrie (NADI, "Komite Standardisasi Industri Jerman") , NADI diubah namanya menjadi Deutscher Normenausschuß (DNA, "Komite Standardisasi Jerman") pada tahun 1926 untuk mencerminkan bahwa organisasi tersebut sekarang menangani masalah standardisasi dalam banyak bidang; yaitu, tidak hanya untuk produk industri. Pada tahun 1975, namanya diubah lagi menjadi Deutsches Institut für Normung, atau 'DIN' dan diakui oleh pemerintah [sebutkan] Jerman sebagai badan standar-nasional resmi, mewakili kepentingan Jerman di tingkat internasional dan Eropa.

Singkatan, 'DIN' sering salah diperluas sebagai Deutsche Industrienorm ("Standar Industri Jerman"). Ini sebagian besar disebabkan oleh asal historis DIN sebagai "NADI". NADI memang menerbitkan standar mereka sebagai DI-Norm (Deutsche Industrienorm). Misalnya, standar pertama yang diterbitkan adalah 'DI-Norm 1' (sekitar pin yang meruncing) pada tahun 1918. Banyak orang masih secara keliru mengaitkan DIN dengan konvensi penamaan DI-Norm yang lama.

Salah satu yang paling awal, dan mungkin yang paling terkenal, adalah DIN 476 - standar yang memperkenalkan ukuran kertas A-series pada tahun 1922 - diadopsi pada tahun 1975 sebagai Standar Internasional ISO 216. Contoh umum dalam teknologi modern termasuk konektor DIN dan mini-DIN untuk elektronik, dan rel DIN.

Penunjukan standar DIN

Penunjukan standar DIN menunjukkan asal-usulnya (# menunjukkan angka):

  • DIN # digunakan untuk standar Jerman dengan signifikansi domestik utama atau dirancang sebagai langkah pertama menuju status internasional. E DIN # adalah standar konsep dan DIN V # adalah standar awal.
  • DIN EN # digunakan untuk edisi Jerman standar Eropa.
  • DIN ISO # digunakan untuk standar ISO edisi Jerman.
  • DIN EN ISO # digunakan jika standar tersebut juga telah diadopsi sebagai standar Eropa.

Contoh standar DIN

  • DIN 476: ukuran kertas internasional (sekarang ISO 216 atau DIN EN ISO 216)
  • DIN 1451: jenis huruf yang digunakan oleh kereta api Jerman dan rambu lalu lintas
  • DIN 31635: transliterasi dari bahasa Arab
  • DIN 72552: nomor terminal listrik di mobil

source:

https://en.wikipedia.org/wiki/Deutsches_Institut_für_Normung

Quick Sale

Online Booking