Teknik Perbaikan Tanah (Pemadatan)

Teknik Perbaikan Tanah (Pemadatan)

lanjutan dari Kegagalan Tanah dan pelengkap dari Pemadatan Tanah


Pemadatan didefinisikan sebagai proses peningkatan kepadatan tanah dengan mempersempit atau menekan partikel tanah. Pemadatan ini akan mengurangi volume udara tetapi tidak ada perubahan signifikan dalam volume air di tanah. Proses pemadatan tanah dapat dilakukan dengan menggunakan penggiling bergulir, vibrator, atau akselerator standar.
Pemadatan dilakukan untuk meningkatkan beban unit material melalui cara mekanis seperti menggulung, menguleni atau memantul. Udara di rongga dihilangkan dan partikel-partikel tanah dipaksa untuk mengatur lebih dekat. Pemadatan juga dapat meningkatkan kekuatan benteng dan permukaan jalan. Tujuan pemadatan adalah untuk menghilangkan udara dari massa tanah dan dengan demikian mengurangi rasio rongga.



Tujuan Pemadatan
Pekerjaan pemadatan sangat penting untuk membangun tanah dasar, penahan tanah, pondasi bangunan, dan sebagainya. Pemadatan biasanya dibuat oleh lapisan (biasanya ketebalan 200 - 300 mm) menggunakan roller, vibrator, atau rotor.
Diantara manfaat dari proses pemadatan dalam konteks meningkatkan sifat rekayasa massa tanah adalah:
- Dasar tanah yang berbahaya dapat dikurangi atau dihindari.
- Peningkatan kekuatan tanah dan stabilitas lereng dapat ditingkatkan.
- Daya dukung tanah dasar dapat ditingkatkan.



Faktor yang Mempengaruhi Pemadatan
Antara faktor-faktor yang mempengaruhi darjah pemadatan tanah adalah :
- Kandungan air
- Tenaga pemadatan yang dikenakan pada tanah.
- Sifat-sifat tanah.


a. Kadar air.
Kadar air merupakan karakteristik penting dalam pemadatan tanah. Ini karena kandungan airnya yang rendah, tanahnya padat dan sulit dikomposkan. Dengan demikian, tanah yang dipadatkan memiliki kepadatan kering yang rendah dan rasio drainase yang tinggi. Peningkatan kadar air memberikan pelumasan pada tanah dan meningkatkan kemampuan kerja (pemadatan yang lebih mudah), sehingga meningkatkan kepadatan kering tanah ke tingkat kadar air yang optimal. Tetapi jika kandungan air terlalu tinggi (yaitu, itu melebihi nilai optimal), air akan memisahkan partikel tanah. Ini menyebabkan tanah menjadi kurang padat.


b. Tenaga Pemadatan.
Meningkatkan energi pemadatan berarti meningkatkan kebutuhan energi dari setiap unit berat tanah. Peningkatan energi pemadatan menyebabkan kepadatan kering meningkat tetapi kadar air optimal menurun. Namun, garis saturasi tidak hanya bergantung pada energi pemadatan.
Untuk tanah tertentu, beberapa kurva kepadatan kering terhadap kadar air dapat diperoleh untuk upaya pemadatan yang berbeda. Kurva yang mewakili hasil eksperimen menggunakan penghentak 2,5 kg dan 4,5 kg ditunjukkan pada dibawah. Kurva untuk tes menggunakan penghentak 4,5 kg terletak di kiri atas kurva untuk tes 2,5 kg. Dengan demikian, padatan yang lebih tinggi akan menghasilkan nilai kepadatan kering maksimum yang lebih tinggi dan nilai kadar air optimum yang lebih rendah.


c. Sifat Tanah
Kurva kepadatan kering terhadap kadar air untuk berbagai jenis tanah dengan upaya pemadatan yang sama (menggunakan penghentak 2,5 kg) ditunjukkan pada dibawah. Secara umum, tanah berbutir kasar seperti kerikil dan tanah berpasir dapat dipadatkan dengan nilai kepadatan kering yang lebih tinggi dibandingkan dengan tanah berbutir halus seperti tanah liat atau tanah liat.



Jenis Alat Pemadat Tanah
a) Rol Roda Halus

Ini adalah mesin rolling yang paling umum digunakan. Ini terbuat dari 3.000 - 10.000 kg rol roda 3. Mobil ini berjalan sendiri dengan mesin diesel dan mudah dikendarai karena memiliki setir untuk mengendalikannya. Selain itu ia juga memiliki distribusi berat yang dapat diubah dengan menambah bobot pada roller. Rol ini cocok untuk semua jenis tanah saat dihancurkan, tetapi tidak cocok untuk pasir berpasir dan seragam.



b) Rol Ban Pneumatik.

Rol ini awalnya merupakan platform yang dipasang di antara dua as. Gandar belakang biasanya memiliki tiga ban dan dua ban. Namun setengah dari model memiliki lima ban di belakang dan empat ban di depan. Rol ini cocok untuk sebagian besar tanah berbutir halus dan kasar tetapi tidak cocok untuk tanah dengan tingkat keseragaman.



c) Rol Kaki Kambing.

Rol ini terdiri dari banyak tong baja berbentuk barel yang menonjol dari permukaan. Kaki ini menghasilkan tekanan tinggi di area kecil. Siku kambing ini paling baik digunakan untuk tanah berbutir halus, terutama di tanah dengan kadar air lebih sedikit daripada kadar air optimal.



d) Grid Roller

Ini adalah unit rol yang terdiri dari roller yang terbuat dari poros baja 38 mm pada jarak 130 mm dari pusat ke pusat dan menghasilkan grid 90 mm. Massa rol biasanya sekitar 5.500 kg tetapi dapat ditingkatkan menjadi 11.000 kg dengan meningkatkan beban mati. Biasanya ada dua rol, tetapi roller ketiga dapat ditambahkan untuk memberikan cakupan yang lebih besar. Rol jaringan cocok untuk semua jenis tanah, termasuk tanah liat basah dan lanau.





















































Quick Sale

Online Booking