Trend Cemilan Seledri yang Kaya Akan Manfaat. Ayo Coba!!!

Trend Cemilan Seledri yang Kaya Akan Manfaat. Ayo Coba!!!

HeIns - Batang seledri sedang tren sebagai camilan. Konon sayuran ini mengandung banyak zat bermanfaat bagi kesehatan,  seperti serat tinggi, vitamin, kalsium, dan masih banyak lagi.

Batang Seledri yang kaya Manfaat. google.com

Melihat kandungan gizi yang lengkap, tak heran jika seledri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat seledri, seperti dilansir dari organicfact.net.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Cemistry menyarankan makan seledri setiap hari untuk mengurangi kolesterol penyumbat arteri, biasa disebut LDL atau kolesterol jahat. Kandungan serat pada seledri berfungsi mengikis kolesterol keluar dari aliran darah dan membuat pencernaan lancar. Kadar kolesterol turun dapat meningkatkan kesehatan jantung.

2. Menurunkan tekanan darah

Seledri mengandung phthalides, yang merupakan senyawa kimia organik yang dapat menurunkan tingkat hormon stres dalam darah. Sebuah studi pada 2009 mengungkapkan bahwa seledri memiliki efek hipolipidemik pada tubuh yang memungkinkan pembuluh darah mengembang, memberikan banyak ruang untuk darah bergerak, sehingga menurunkan tekanan darah. Hal tersebut dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung atau stroke.

3. Mencegah infeksi saluran kemih

Biji seledri membatu dalam penurunan asam urat karena umumnya digunakan untuk sifat diuretiknya, yang berarti dapat merangsang buang air kecil. Oleh karena itu, seledri baik buat yang memiliki gangguan kandungan kemih, masalah ginjal, dan kondisi serupa lain.

4. Meredakan radang sendi, rematik, dan asam urat

Seledri memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit di sekitar sendi. Batangnya juga berfungsi sebagai diuretik yang membantu menghilangkan asam urat dan dapat meningkatkan pertumbuhan kembali jaringan di sendi yang meradang.

5. Mencegah kanker

Sebuah penelitian yag dilakukan di Biologi Molekuler dan Program Kanker Paru, Lovelace Respiratory Research Institute, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa letuolin yang terkandung dalam seledri memiliki sifat melawan kanker. Seledri juga mengandung kumarin, yang meningkatkan aktivitas sel darah putih tertentu dan secara efektif dapat mencegah kanker.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kaya vitamin C dan antioksidan, seledri berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi sayuran kaya vitamin C secara teratur dapat mengurangi risiko terkena flu serta melindungi dari berbagai penyakit lain, seperti gejala asma dan jantung.

7. Menurunkan berat badan

Minum jus seledri secara teratur sebelum makan dapat membantu mengurangi berat badan. Seledri sangat rendah kalori dan mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu mengurangi makan berlebihan dan menjaga berat badan tanpa merasa lapar.

Anda dapat membaca hidup sehat di Tempo.co

About fadil

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

Quick Sale

Online Booking