Kualifikasi Welder

Kualifikasi Welder

Juru las atau Welder yang dimaksud disini adalah tenaga kerja yang memiliki keahlian dan ketrampilan khusus di bidang pengelasan sesuai standar internasional (AWS atau ASME). Pekerjaan kontruksi yang memerlukan tenaga welder membutuhkan level ketrampilan welder sesuai dengan jenis pengelasan yang akan dilakukan. Penggolongan jenis welder juga disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang harus mampu diselesaikan oleh welder itu sendiri.

Kualifikasi welder Kemenaker RI

Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa pekerjaan pengelasan ada beraneka ragam. Setiap jenis pekerjaan harus dilakukan oleh welder yang memiliki kemampuan sesuai dengan kualifikasi yang dipersyaratkan. Bukti kemampuan atau level ketrampilan seorang welder salah satunya adalah berupa sertifikat juru las yang dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia. Welder digolongkan menjadi 3 kelas yaitu:

Welder kelas I, merupakan welder yang memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan pengelasan pada sambungan-sambungan yang mengalami tekanan. (overdruk). Sebagai contoh adalah badan silindris, dinding pipa-pipa sebagai penguat, penguat dinding, plendes sambungan pipa dan pipa bertekanan. Welder kelas I merupakan level tertinggi. Welder dengan kualifikasi ini diijinkan juga melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh welder kelas I dan II.

Welder kelas II, merupakan welder yang diperbolehkan melakukan pekerjaan pengelasan pada tangan, penyangga, isolasi, bagian dari dapur pengapian ketel uap. Welder kelas II merupakan level menengah, dimana diperbolehkan melaksanakan pekerjaan yang dilakukan oleh welder kelas III tetapi dilarang melakukan pekerjaan welder kelas I.

Welder kelas III, merupakan welder dengan kelas terendah. Pekerjaan yang boleh dilakukan adalah diantaranya melakukan pengelasan yang tidak menderita tekanan salat-salat bagian luar. Welder jenis ini tidak diperbolehkan melaksanakan pekerjaan yang dilakukan oleh welder kelas I maupun kelas II.

Kualifikasi Welder Plate / Pipe

Selain pengelompokan berdasarkan kelas sebagaimana dijelaskan di atas, welder juga dibedakan berdasarkan jenis obyek pekerjaannya. Pembagian kualifikasi ini yang paling popular adalah dikenal dengan sebutan welder plate dan welder pipe.

Welder plate, adalah juru las yang diijinkan hanya untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berupa sambungan pelat. Namun demikian secara rinci juga masih dibedakan berdasarkan posisi pengelasan dan ketebalan pelat yang disambung. Kelas tertinggi welder plate adalah ketika seorang welder mampu melakukan pekerjaan dengan posisi pengelasan 1G, 2G, 3G dan 4G

Welder pipe, adalah juru las yang memiliki kemampuan khususnya pada pekerjaan sambungan pipa. Pengelasan pipa memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibanding pengelasan pelat. Penggolongan welder pipa juga didasarkan pada posisi pengelasan dan ukuran diameter pipa yang disambung. Kelas tertinggi welder pipe adalah ketika seorang welder mampu melakukan pekerjaan dengan posisi pengelasan 1G, 2G, 5G dan 6G.

Program Sertifikasi Welder

Sertifikasi Welder di Indonesia masih terbagi menjadi dua yaitu yang dikeluarkan oleh Kemenaker dan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Pelaksanaan sertifikasi biasanya dilakukan oleh LSP (Lembaga SertifikasiProfesi) yang memiliki lisensi dari BNSP. Dalam program sertifikasi welder terdapat berbagai macam jenis sertifikat yaitu kelas welder dan juga posisi pengelasan yang diujikan saat proses sertifikasi berlangsung, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Sertifikat welder sebagai bukti bahwa seorang welder dikatakan kompeten/termpil dan akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mempunyai sertifikat. Berikut adalah kelompok sertifikasi welder yang banyak dilakukan:

Welder Kelas 1:

Plate: 1G, 2G, 3G, 4G

Pipe: 1G, 2G, 5G, 6G

Welder Kelas 2:

Plate: 1G, 2G, 3G, 4G

Pipe: 1G, 2G, 5G

Welder Kelas 3:

Plate: 1G, 2G

Pipe: 1G, 2G

source:

achmadarifin.com

LAS

untukDefinisi Pengelasan

untukPengelasan

untukJenis Pengelasan

untukProses Pengelasan

untukMacam - Macam Elektroda/Kawat Las (Welding Electrode)

untukMacam - Macam Cacat Las

untukKualifikasi Welder

untukTungsten Inert Gas (TIG) Welding / GTAW Argon (Gas Tungsten Arc Welding)

Quick Sale

Online Booking