Model-Model Paving Block di Indonesia

Model-Model Paving Block di Indonesia

Lanjutan dari Paving

Model paving block bermacam-macam bentuknya. Tak hanya bentuk, variasi dari warna, corak, tekstur permukaan dan ukurannya pun juga beragam. Pemasangannya pun berupa komposisi segmen kecil yang sedimikian rupa sehingga dapat saling mengunci satu sama lain. Variasi model paving block pada bentuk dasarnya sendiri dapat dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu segi empat dan segi banyak. Sedangkan dari segi ketebalannya, yang umum dipasarkan adalah paving block dengan ketebalan 6 cm, 8 cm dan 10 cm.

Berikut ini adalah beberapa model paving block yang umumnya dapat ditemui di toko bahan bangunan.

1. Paving Block Model Batu Bata

Model paving block yang paling umum digunakan adalah model batu bata yang memang paving block tersebut memiliki bentuk mirip dengan batu bata. Ukuran dari paving block ini adalah 10,5 x 21 cm dengan ketebalan yang bervariasi, yaitu 6 cm, 8 cm dan 10 cm. Jumlah yang dibutuhkan untuk area per meter perseginya adalah kurang lebih 44 buah paving block. Variasi warna yang dimiliki oleh jenis paving block ini adalah abu-abu, hitam dan juga paving block warna merah.

2. Paving Block Model Segi Tiga (Trihex)

Paving block segi tiga sering juga disebut dengan trihex. Ukuran dari model paving block ini adalah 19,7 x 9,6 cm dengan ketebalan antara 6 hingga 10 cm. Untuk area per meter perseginya jumlah yang dibutuhkan adalah sekitar 39 buah paving block. Paving block model trihex adalah salah satu tipe paving yang cukup rumit sehingga umumnya hanya dapat dipasang dengan menggunakan satu pola saja.

3. Paving Block Model Segi Enam (Hexagon)

Paving block segi enamSeperti halnya paving block bata, model paving block segi enam atau hexagon juga sangat populer.

Ukuran dari model paving block ini adalah 20 x 20 cm dengan ketebalan 6 cm, 8 cm dan 10 cm.

Jumlah yang dibutuhkan untuk area per meter perseginya adalah kurang lebih 27 buah.

4. Paving Block Model Cacing (Zig-zag)

Variasi model paving block unipave sering juga disebut dengan model cacing. Ukuran paving block jenis ini adalah 11,5 x 22,5 cm dengan ketebalan yang bervariasi, yaitu 6 cm, 8 cm dan 10 cm serta jumlah yang dibutuhkan adalah sekitar 39 buah per meter persegi. Pola pemasangan tipe ini hampir sama dengan paving batu bata, namun tidak dapat dipadukan dengan tipe lain.

5. Paving Block Model Topi Uskup

Ukuran dari model paving block topi uskup adalah panjang yang mencapai 30 cm, dengan lebar 21 cm. Memiliki nama model topi uskup dikarenakan susunan paving block ini yang menyerupai pola seperti topi uskup. Jumlah yang dibutuhkan untuk tiap meter persegi area adalah 25 buah.

6. Paving Block Rumput (Grass Block)

Tidak seperti model lain, paving block model grassblock memiliki dua tipe yang berbeda, yakni L5 dan L8. Grassblok L5 memiliki ukuran 40 x 40 cm dengan ketebalan 8 cm, sehingga membuat area per meter perseginya membutuhkan 6,25 buah. Sedangkan model L8 memiliki bentuk persegi panjang, yaitu 30 x 45 cm dengan dua ketebalan yang berbeda, 6 cm dan 8 cm.

Jumlah yang dibutuhkan untuk per meter persegi dari grassblock L8 adalah 7,5 buah batu paving.

source:

indonusa-conblock.com

Quick Sale

Online Booking