Penggunaan Geosintetik dalam Teknik Sipil

Penggunaan Geosintetik dalam Teknik Sipil

Lanjutan dari Kegagalan Tanah




Sebenarnya bahan-bahan di atas merupakan kelompok geosintetik. Dalam industri konstruksi geosintetik, umumnya digunakan sebagai bahan pendukung untuk meningkatkan sifat tanah seperti lereng atau lereng, lereng jalan, sanitary landfill liner dan sebagainya.
Geosintetik juga memiliki satu atau lebih fungsi untuk membantu meningkatkan sifat tanah. Di antara mereka adalah sebagai berikut:
- Pemisahan
- Penguatan
- Filtrasi
- Drainase
- Penghalang kelembaban


Geosintetik adalah bahan serat yang terbuat dari polimer. Polimer terdiri dari berbagai jenis, termasuk poliester (PET), polilena (PE), poliamida (PA), polipropilen (PP), polivinil klorida (PVC), nilon dan lainnya. Jenis-jenis geosintetik adalah sebagai berikut: -
- Geoteknologi
- Geomambren
- Geogrid
- Geonet



A. Geotekstil
Geotekstil juga dikenal sebagai kain. Itu terbuat dari produk minyak bumi seperti poliester, polietilen dan polipropilena dan juga terbuat dari fiberglass. Geoteknik dapat ada dalam tiga bentuk, tenun, bordir dan non-tenun.
Geoteknik tenun terdiri dari dua set filamen yang bergantian secara sistematis untuk membentuk bidang struktural. Geometri bordir dibentuk oleh loop yang terdiri dari satu atau lebih filamen yang mengunci bersama untuk membentuk bidang struktural. Sedangkan geotekstil non-anyaman terbuat dari filamen atau serat pendek, mereka jarang ditata atau dipintal untuk membentuk bidang struktural.


Filamen atau serat pendek saling menempel dengan menggunakan salah satu metode berikut atau kombinasi metode:
- Ikatan kimia
- Ikatan termal
- Ikatan mekanis


Ikatan kimia adalah metode di mana ia menggunakan glue, karet, latek dan selulos untuk melekatkannya. Ikatan termal pula merupakan proses pemanasan parsial lebur filaman bagi tujuan untuk melekatkannya. Manakan ikatan mekanis adalah metode perforasi jarum.
Ada empat kegunaan utama geotekstil:
- Drainase: Geotextile bertindak sebagai sistem drainase untuk memungkinkan air mengalir dengan cepat dari tanah ke tempat pembuangan sampah.
- Filtrasi: Geoteknik ditempatkan di antara dua lapisan tanah - tanah butiran halus dan tanah butiran halus, memungkinkan air diserap dari satu lapisan ke lapisan lainnya. Pada saat yang sama mencegah tanah berbutir halus dicampur dengan tanah berbutir kasar.
- Pemisahan: Geoteknik membantu memisahkan beberapa lapisan tanah setelah konstruksi.
- Penguatan: Kekuatan tarik geotonik meningkatkan kapasitas dukung beban tanah.


Secara komersial geoteknik memiliki ketebalan 0,25 mm hingga 7,6 mm. Massa per satuan luas antara 150 g / cm2 hingga 700 g / cm2.


Pemasangan Geotekstil:



B. Geomembran



Penggunaan Geomambren dalam Konstruksi


Geomembran adalah bahan yang tahan fluida atau penghalang uap. Itu terbuat dari lembaran terus menerus dari polimer fleksibel. Jenis bahan polimer yang digunakan untuk membuat geomembran adalah dari jenis termoplastik atau termoset. Jenis termoplastik termasuk polivinil klorida (PVC), polilen, polilen terklorinasi dan polimid. Meskipun geomembran dikatakan tahan air, sebenarnya air masih bisa diserap melalui itu. Tes dilakukan pada geomembran, yang menemukan bahwa koefisien permeabilitas antara 10-10 dan 10-3 cm / s. Secara komersial, geomembran ada dalam bentuk lapisan tunggal dengan ketebalan 0,25 mm hingga 0,4 mm. Untuk geometri tipe PVC dan polyelene mereka memiliki ketebalan 4,5 mm hingga 5,0 mm.



Proses Pemasangan Geomembran untuk 'Biofilter Cell'


C. Geogrid



Geogrid terbuat dari produk minyak bumi seperti polypropylene dan polyethylene. Geogrid berfungsi sebagai penguat. Ada dua jenis geogrid, yaitu:
- Geogrid Dwipaksi
- Geogrid Ekapaksi

yang kiri adalah Reaksi Geogrid Ekapaksi dan yang kanan adalah Geogrid Dwipaksi


Cara memasang geogrid




D. Geonet

Geonet terbuat dari polimer berbentuk jaring seperti gambar 4.8. Fungsi utama geonet adalah untuk mengalirkan air. Geonet yang tersedia di pasaran adalah polietilen densitas sedang dan polietilen densitas tinggi. Memiliki lebar 1,8 m hingga 2,1 m dan panjang antara 30 m hingga 90 m, dan antara 3,8 mm hingga 7,6 mm.















































































Quick Sale

Online Booking