Pengadaan Bekisting

Pengadaan Bekisting

Rincian dari Metode Pelaksanaan Pekerjaan Bekisting Secara Umum

Bila pilihan untuk pengadaan bekisting sudah ditentukan, selanjutnya pada alur yang kedua ini ditentukan metode pengiriman bekisting dari supplier ke lokasi pengerjaan pembangunan. Perlu juga dilakukan pengawasan terhadap penerimaan material bekisting agar  sesuai dengan data perencanaan kebutuhan bekisting. Tentukan pula langkah yang harus diambil jika material bekisting sudah sampai di lokasi pembangunan. Apakah material bekisting langsung dipasang ataukah harus disimpan terlebih dahulu sampai waktu yang telah ditentukan.

Jenis-Jenis Bekisting

1. Bekisting Konvensional (Bekisting Tradisional)

Bekisting konvesional adalah bekisting yang menggunakan kayu ini dalam proses pengerjaannya dipasang dan dibongkar pada bagian struktur yang akan dikerjakan. Pembongkaran bekisting dilakukan dengan melepas bagian-bagian bekisting satu per satu setelah beton mencapai kekuatan yang cukup. Jadi bekisting tradisional ini pada umumnya hanya dipakai untuk satu kali pekerjaan, namun jika material kayu masih memungkinan untuk dipakai maka dapat digunakan kembali untuk bekisting pada elemen struktur yang lain.

Kekurangan bekisting konvensional adalah:

• Material kayu tidak awet untuk dipakai berulang-ulang kali;

• Waktu untuk pasang dan bongkar bekisting menjadi lebih lama;

• Banyak menghasilkan sampah kayu dan paku, sehingga lokasi menjadi kotor;

• Bentuknya tidak presisi.

Berikut contoh penggunaan bekisting konvensional :

Bekisting konvensional

2. Bekisting sistem

Bekisting sistem sering juga disebut bekisting modern, dimana dalam pengerjaannya memiliki keunggulan dibanding bekisting konvensional.

Keunggulan dari bekisting sistem adalah : mudah dipasang dan dibongkar, ringan, dapat dipakai berulang kali, kualitas pengecoran baik dengan siklus pembongkaran yang cepat serta dapat dipakai pada pekerjaan konstruksi beton yang besar.

Adapun kekurangan dari bekisting sistem adalah mahal, sulit didapat serta membutuhkan keahlian dan peralatan berat.

Berikut contoh penggunaan bekisting sistem :

Bekisting sistem / modern.

untuk jenis bekisting lainnya dapat dilihat di:

Jenis Bekisting

Quick Sale

Online Booking