Glacade

Glacade

lanjutan dari Kaca





Perkembangan dari Glacade (Suspension Glass System) memungkinkan pemasangan dinding kaca yang luas dan besar yang diperlukan gedung-gedung model muktahir.


A. Karakterisktik Umum
- Memungkinkan diperoleh permukaan tegak yang ideal dan penampilan optis yang sempurna.
- Bebas dari tetangan dalam yang ditimbulkan karena adanya lenturan atau tegangan terpusat bila memakai sistim perletakan.
- Memungkinkan dipasangnya kaca berukuran besar dengan cara tersebut di atas (Hingga tinggi max. 10.49m)
- Jika pecah bahayanya akan lebih kecil dibandingkan dengan cara konvensional karena bagian atasnya digantung.


B. Jenis dan Spesifikasi
Ada 3 (tiga jenis glacade yaitu Glacade SF, Glacade SM dan Glacade F, dimana masing-masing tergantung pada sistim penggunaannya dan pemasangannya. Glacade SF dan F mempunyai rib glass construction sebagai berikut :
- Oneside-rib construction
- Bothside-rib construction
- Through-rib construction
Mekanisme penggantungan dari Glacade SF dan Glacade SM menggunakan hooks, rings, horseshoes shaped suspension units, taper plates dan sebagainya.
Spesifikasi dari tiap-tiap jenis dapat dilihat pada tabel-1.


C. Bahan-bahan untuk Penggantung
Hook
- Bahan Forged carbon steel (SF-40)
- Horseshoe-Shaped Suspension Units
- Bahan: Forger carbon steel (SF-46)
- Daya beban yang diijinkan:
- Jenis standar : 225kg.
- Jenis besar : 600kg.
- Biasanya 2 (dua) Horseshoes-Shaped Suspension Units dipakai untuk menggantung satu lembar kaca, sehingga memungkinkan penggantungan sampai dengan berat 450kg untuk jenis standart dan 1200kg untuk jenis besar.


Ring
- Bahan: carbonsteel untuk struktur mekanikal.
- Ring merupakan bagian utama untuk ketahanan terhadap gempa bumi, memberikan ketahanan terhadap gempa bumi, memberikan kemudahan dalam pekerjaan pemasangan Glacade SF dan SM, dan menyerap pergeseran relatif lantai bangunan sehingga kaca terhindar dari pengaruh daya gempa.


Taper Plate
- Bahan: special nickel cast iron
- Sudut taper: 4/35
- Taper Plate dipasang pada bagian atas kaca dengan diberi suatu perekat epoxy khusus (a special epoxy adhesive). Kaca digantung dengan menggunakan taper plate dan Horseshoe-shaped suspension units.


D. Saran untuk Desain & Pemasangan
- Mengingat Glacade tergantung hanya pada kekuatan bahan penyekat organic, maka bahan ini harus dipilih dengan seksama. Pada Through-rib construction dan Single-rib construction bila bahan penyekat kurang baik, maka kaca yang hanya ditunjang pada kedua tepinya akan berkurang ketahanannya terhadap angina, oleh karena itu gunakanlah Bothside-rib construction.
- Butt-joint construction pada bagian sudut Glacade tidak disarankan, ditinjau dari sudut ketahanan terhadap gempa bumi. Mullion construction lebih cocok untuk hal tersebut di atas. Bila butt-join construction harul digunakan maka sisipkan karet neoprene antara kaca dengan rangka penyanggana dan harus ada jarak 10 mm antara kaca dengan kaca dan antara kaca dengan rangka penyangga.
- Bersihkan tepi kaca yang akan disambung dengan silicon dengan aceton, ketone atau ethyl alcohol untuk menghilangkan minyak, gemuk dan debu.
- Oleskan suatu lapisan tertentu sesuai dengan apa yang disyaratkan oleh pembuat bahan penyekat pada bagian kaca yang bersentuhan dengan silicon.
- Gunakanlah bahan penyekat silicon acetat yang bermodulus tinggi pada sambungan butt-joint.
- Hindarkanlah adanya gelembung udara atau cacat lainnya pada bagian penyekat.


E. Pemeliharaan
- Periksalah bagian penyekat glacade secara berkala setiap 1-3 tahun sekali, tergantung pada factor keamanan yang diperlukan pada bangunan tersebut.
- Bila terdapat goresan yang besar atau serpihan pada rib-glass, gantilah segera, bila tidak maka kekuatannya akan berkurang.


F. Saran untuk Desain
Batas Lendutan Struktur
Pada jenis Glascade SF dan SM struktur atas menahan semua bahan dalam kaca dan perlengkapan logamnya. Bila struktur banyak melendut maka kaca akan bersentuhan dengan rangka penyangga bawah, sehingga menghilangkan fungsi glascade. Untuk menghindari hal tersebut di atas lendutan struktur maksimum 5 mm.


Ruangan yang Dibutuhkan pada Langit-Langit
Jenis penggantung (Glacade SF dan SM) membutuhkan ruangan pada langit-langit akan dijelaskan di bawah untuk pemasangan mekanisme penggantung pada atas kaca.


Konstruksi Langit-Langit
Untuk pekerjaan pemasangan dan pemeliharaan, serta dengan memperhitungkan kemungkinan penggantian kaca, maka harus ada bagian langit-langit yang dapat dilepas untuk pemeriksaan kira-kira berjarak 500 mm dari kedua permukaan kaca.


Kekuatan dan Lendutan yang DIperkenankan pada Rangka Pendukung
Rangka pedukung bagian atas adalah merupakan bagian yang penting dalam mencegah pemusatan tegangan pada penggantung dan pendukung bagian ata dari kaca untuk menahan tekanan angin. Rangka ini harus cukup kaku (ratio lendutan maksimum 1/300) dan kuat.


Kekuatan dan Lendutan yang Diperkenankan pada Rangka Mullion
Pada Glacade SM, rangka logam mullion harus cukup kaku dan kuat untuk menahan tekanan angin. Ini berarti bahwa ratio lendutan maksimum harus 1/200 dan perubahan bentuk ratio lendutan maksimum 20 mm.


Bahan Rib Glass dan Pendukungnya
Pasanglah kedudukan ujung bagian atas maupun bawah rib-glass dengan karet neoprene dengan kekerasan 90o atau balok timah hitam dan lembaran karet keras untuk mengurangi sekecil mungkin lendutan kaca karena tekanan angin.


Bahan Penyekat
pakailah bahan penyekat yang ditunjukkan di bawah ini, dan oleskan suatu lapisan tertentu seperti yang disyaratkan oleh produsen bahan penyekat.



source: www.kacatemperedku.com


























































































Quick Sale

Online Booking